Entri yang Diunggulkan

UPDATE BAGAN PERTANDINGAN KEJUARAAN BOLA VOLI UNIGRES CUP 26 JANUARI 2017

Sunday, October 16, 2016

PEMBENTUKAN KARAKTER DALAM MENGHADAPI ERA GLOBALISASI


Minggu, 16 Oktober 2016 Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi  Universitas Gesik mengadakan Seminar “ Pembentukan Karakter dalam Menghadapi Era Globalisasi” yang bertempat di ruang Pasca Sarjana Universitas Gresik. Seminar ini merupakan bagian dari rentetan acara Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK) Fakultas Ekonomi. Seminar ini berisi tentang bagaimana membentuk karakter pemuda indonesia khususnya kalangan mahasiswa dalam menghadapi era Globalisasi.

Acara dibuka oleh ketua BEM Fakultas Ekonomi Universitas Gresik, yang mana menjelaskan tentang struktur organisasi serta visi misi BEM Fakultas Ekonomi selama satu tahun mendatan, dan juga berharap terjalinnya sebuah komunikasi dan kerjasama yang solid antar lini.

Acara dilanjut dengan pemberian motivasi tentang pembentukan karakter yang disampaikan oleh Bapak M. Cahyani, S.E, M.M. Beliau adalah seorang enterpreneur sukses dan juga menjabat sebagai ketua program penjamin mutu mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Gresik. Tema yang diambil dalam penyampaian motivasi tersebut “Aku adalah apa yang aku fikirkan”. Motivasi tersebut menyampaikan beberapa tips untuk menjadi mahasiswa yang berkarakter, yaitu:
1.      Harus mempunyai sebuah visi misi yang jelas
2.      Harus bisa memotifasi diri sendiri dan percaya bahwa dirimu bisa
3.      Awali semua dengan senyum, berkomitmen dengan misi, jangan terbatas oleh keadaan
4.      Biasakan memberi daripada menerima


Acara dilanjut dengan pembacaan komitmen:
Kami mahasiswa fakultas ekonomi universitas gresik, menyatakan :
1.      Berjanji menjadi pribadi yang berakhlak dan berbudi luhur
2.      Berjanji menjaga almamater sepenuh jiwa raga kami
3.      Berjanji akan selalu semangat kuliah hingga lulus nanti
4.      Siap menjadi pengusaha sukses dan pemimpin di perusahaan tempat kami bekerja


Prof. Dr. H. Sukiyat, SH, M.Si selaku rektor universitas gresik juga memberikan materi yang bertemakan “pendidikan karakter dasar membangun moral bangsa” beliau menyampaikan pembentukan komponen pendidikan karakter diuraikan menjadi tiga hal:
1.      Moral knowing / pengetahuan tentang moral
2.      Moral feeling / perasaan tentang moral
3.      Moral acting / perbuatan moral

Satu ilmu yang dapat kita ambil dari materi yang teah disampaikan dalam Seminar ini ialah, karakter bangsa yang baik berpengaruh terhadap sebuah ekonomi suatu bangsa.

0 comments:

Post a Comment